SELAMAT DATANG

Sharing

Selamat datanf di lapak MAKRIFATBUSINESS untuk order bisa melalui marketipace Shopee Tokopedia Bukalapak Lazada dengan nama lapak makrifatbusiness atau order via WA 08123489038 email : imronpribadi1972@gmail.com

Cari Disini

Translate

Daftar ISI Produk


22 Oktober 2009

Catatan Menjelang Hari Kegagalanku

Pekanbaru 08.10 BBWI tgl, 22 Oktober 2009
Created by : M. Imron

A.   Kondisi Obyektif Problem
Problem dalam karirku kali ini datang dampak dari sebuah implementasi management campany yang cenderung menggunakan management lisan dalam mengelola bisnis distribusinya. Pengalamanku dari beberapa  campany yang skala nasional ternyata masih belum mampu mengendalikan sebuah system management lisan ortodoks. Sehingga dalam implementasinya sering kali aku mengalami benturan-benturan system yang diterapkan oleh divisi administrasi, dalam system ini divisi administrasi  memiliki tingkat kepercayaan lebih dari owner. Lebih-lebih kepala administrasinya adalah seorang wanita dan ownernya juga seorang wanita, dia adalah karyawan lama yang sudah belasan tahun bekerja di campany ini.
Sebagai profesional muda bagiku hal ini bukanlah sebagai kendala yang membenaniku, tetapi bagi team dan divisi yang aku pimpin hal ini adalah merupakan hantu yang menakutkan untuk dijalani. Sehingga team dan divisiku mengalami benturan-benturan system yang sangat luar biasa dari system administrasi. Hal inilah yang membuat aku harus melindungi teamku dari kerasnya benturan system yang ada. Terlepas dari like an dislake, aku masih berpikiran positif terhadap system yang ada. Namun hari-hari penuh dengan benturan yang tidak bisa aku elakkan karena belum bakunya standart system oprasional (SOP).

Hingga pada suatu hari aku harus berhadapan langsung dengan benturan system yang dibuat oleh team administrasi. Disinilah emosionalku pada saat itu tidak terkontrol sehingga benturan dan perang mulutpun terjadi. Hingga pada titik akhirnya aku memutuskan untuk mundur dari campany ini. Sudah tidak ada yang harus saya pertahankan disini, system management  lisan ortodoks sudah terlanjur diterapkan dan mendarah daging. Unsur-unsur subyektifitas sering mendominasi seluruh kebijakan dari owner dan kepala administrasi sebagai orang kepercayaannya. Dalam system ini kepala adminstrasi memiliki tingkat power yang lebih dari pada manager oprasional. Tingkat campur tangan dan intervensi team administrasi kepada team oprasional sangat tinggi sekali. Dari kondisi ini berdampak pada tingkat turn over team oprasional yang sangat tinggi karena motive ketidak percayaan pada system dan campany.

B.   Sikap dan Pola Pikir
Sebagai tenaga profesional yang sudah melintasi multy campany berskala nasional maka hal ini adalah merupakan sebuah pengalaman yang sangat berharga yang harus dan akan kupetik dari buah pengalaman ini. Rasa senang dan bangga dengan tetap obtimisme aku selalu mengikuti setiap detik perkembangan yang terjadi. Kondisi ini aku buat sebagai experimen dari prinsip-prinsip yang telah aku miliki dapat aku uji disini kebenarannya.

Yang jelas satu prinsip telah aku temukan kebenarannya, bahwa planning Tuhan itu sungguh lebih  baik daripa planning yang telah aku susun. Karena planning Tuhan tercipta dari sebuah takdir dan kehendak Tuhan yang sudah direncanakan dengan pola keseimbangan dengan mempertimbangkan segala dampak yang akan terjadi. Seandainya planningku yang terjadi, bisa saja plannigku akan memiliki dampak yang kurang baik bagi kehidupanku mendatang serta lingkungan kerjaku. Dari hasil pemikiranku inilah aku tetap bersykur apapun yang terjadi menurut garis dan kehendak Tuhan.

Apapun yang terjadi semuanya adalah yang terbaik bagiku, karirku, keluargaku dan lingkunganku. Maka berpikir positif adalah yang terbaik yang harus aku lakukan. Bertindaklebih arif dan bijak adalah jalan kebenaran yang harus aku lakukan untuk melihat keajaiban dan kebenaran yang akan diberikan oleh Tuhan pada planningku dalam karir hidupku.



          
Posting Lebih Baru
Previous
This is the last post.
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

4 Tanggapan:

  1. Aku tetap berjalan dan menjalankan aktifitasku setiap hari, justru aku semakin lebih semangat dan obtimis menjelang detik-detik hari aku keluar dari campany ini yaitu pada akhir bulan desember 2009. Yang jelas aku selalu yakin dan obtimis bahwa hal ini adalah yang terbaik dalam hidupku dan dengan kekuatan imanku aku yakin Allah akan bersamaku dan merstuiku dalam karirku ini. Satu keyakinan hari cerah dan campany yang lebih bagus aku dianugerahkan oleh Allah kepadaku dan untuk keluargaku tercinta. Amin

    BalasHapus
  2. Hari-hariku setiap hari selalu aku isi dengan joint visit dengan salesman dan menyelesaikan seluruh problem yang ada serta memberikan pengarahan dan motivasi pada team agar selalu bekerha yang lebih baik dan berbuat yang terbaik pada hari ini dibanding hari kemarin.

    BalasHapus
  3. Konsistensi dalam bekerja tetap aku tingkatkan walau aku tinggal menghitung bulan untuk meninggalkan campany ini. Upaya rehabilitasi detik-detik terakhir aku bekerja harus aku ciptakan, mengingat hal ini adalah menyangkut nama baik dan performanace. Eksistensi dan konsisten dalam bekerja tetap harus aku tingkatkan, pada detik terakhir inilah semangat dan motivasi harus aku tingkatkan, dengan demikian aku akan semakin memiliki makna terhadap diriku dan Tuhanku sebagai konsekwensi profesionalisme dalam bekerja.

    BalasHapus
  4. Detik-detik kegagalanku ini adalah awal kedewasaanku dalam berfikir, berbuat, berpilaku dan meningkatkan performance etos kinerja.

    BalasHapus

Item Reviewed: Catatan Menjelang Hari Kegagalanku Rating: 5 Reviewed By: M Imron Pribadi