SELAMAT DATANG

Sharing

Selamat datanf di lapak MAKRIFATBUSINESS untuk order bisa melalui marketipace Shopee Tokopedia Bukalapak Lazada dengan nama lapak makrifatbusiness atau order via WA 08123489038 email : imronpribadi1972@gmail.com

Cari Disini

Translate

Daftar ISI Produk


11 Februari 2013

5 S (Seiri, Seiton, Seiso, Seiketsu, Shitsuke)


5 S (Seiri, Seiton, Seiso, Seiketsu, Shitsuke)

sumber http://blackscript05.blogspot.com
Gimana? Masih pusing mikirin skripsi ? Terus berusaha dan cari lagi lebih banyak referensi. Kali ini Phydi break dulu membahas skripsi/tugas akhir. Ups...Tapi jangan khawatir Phydi tetap memberikan referensi yang mungkin juga bermanfaat untuk skripsi anda ataupun tugas-tugas kuliah lainnya.
Referensi hari berupa makalah ditulis oleh Ratih Fitriolin dan Dona Mardi Mahasiswa Teknik Industri Universitas Bung Hatta. Makalah mereka membahas mengenai "Implementasi 5 S" yaitu Seiri (pemilahan), Seiton (penataan), Seiso (pembersihan), Seiketsu (pemantapan), dan Shitsuke (pembiasaan).


5 S adalah suatu gerakan yang merupakan kebulatan tekad untuk mengadakan penataan, pembersihan, memelihara kondisi yang mantap dan memelihara kebiasaan yang diperlukan untuk melaksanaakan pekerjaan dengan baik (Osada, 2002). Nama 5 S berasal dari huruf pertama istilah Jepang, Seiri, Seiton, Seiso, Seiketsu, Shitsuke, yang menjadi semboyannya. Karena istilah ini mungkin sukar di ingat oleh orang non-Jepang, maka diterjemahkan menjadi pemilahan, penataan, pembersihan, pemantapan, dan pembiasaan.
Gerakan 5  S dirancang untuk menghilangkan pemborosan. 5 S tidak begitu sulit  untuk dipahami, akan tetapi untuk melaksanakannya dengan benar sangatlah sulit. 5 S tidak akan memperoleh hasil yang baik jika setiap pihak yang terkait dengan perusahaan ( pihak manajemen, staf manajer dan karyawan ) tidak saling bekerjasama melaksanakannya atau dengan kata lain hal ini merupakan usaha terpadu di dalam perusahaan. Agar gerakan 5 S dapat dilihat hasilnya, maka diperlukan kegigihan dan kebulatan tekat  karena 5 S memerlukan usaha yang terus menerus dan memerlukan kesanggupan untuk melihat apa yang penting dan memberikan perhatian secara mendetail.
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 Tanggapan:

Posting Komentar

Item Reviewed: 5 S (Seiri, Seiton, Seiso, Seiketsu, Shitsuke) Rating: 5 Reviewed By: M Imron Pribadi